Penggemar K-Pop semakin vokal dalam menuntut industri hiburan untuk lebih peduli lingkungan. Salah satu isu utama yang mereka soroti adalah produksi album fisik yang berlebihan, yang menyebabkan peningkatan limbah plastik global.
Kpop4Planet baru-baru ini menyoroti masalah ini dengan menantang perusahaan hiburan besar, termasuk HYBE Corporation, untuk menerapkan praktik berkelanjutan. Mereka menyelenggarakan 2024 Sustainable K-Pop Award, penghargaan yang diberikan berdasarkan pemungutan suara penggemar global. Ajang ini bertujuan untuk menekan perusahaan agar mengurangi promosi album fisik secara masif.
HYBE menerima suara terbanyak dalam kategori Perusahaan Hiburan ‘Terpanas’ dan Sustainable Fan-call Rookie, yang mencerminkan besarnya harapan penggemar agar perusahaan ini mulai berbenah.
Dalam aksi damai, para juru kampanye menyerahkan dua lightstick sebagai simbol penghargaan, dengan spanduk bertuliskan “Kemenangan Sia-sia HYBE: Titik Terendah atau Titik Balik?” Mereka mendesak perusahaan untuk mengubah strategi penjualan dan memimpin gerakan keberlanjutan di industri K-Pop.
“Ini adalah kesempatan bagi HYBE untuk menjadi pelopor dalam praktik berkelanjutan yang akan membentuk masa depan industri hiburan,” ujar Nayeon Kim, juru kampanye Kpop4Planet.